Umbu Landu Paranggi Tutup Usia

Innalillaahi Wa Inna ilaihi Rojiun...

Kabar duka kembali menyelimuti dunia tanah air. Seniman atau lebih kita kenal sebagai Penyair, Umbu Wulang Landu Paranggi telah tutup usia pada hari Selasa, 6 April 2021 pukul 03.55 Waktu setempat diusianya yang ke 77 tahun di Rumah Sakit Bali Mandara.


Penyair ulung yang dijuluki "Presiden Malioboro" ini lahir di Sumba, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 10 Agustus 1943 silam. 

Kabar berita meninggalnya ini dibenarkan melalui lansiran tweet akun Twitter resminya @kenduricinta dengan hashtag #MaiyahBerduka




Penyair Umbu Landu Paranggi ini menyelesaikan Sekolah Rakyat dan Sekolah Menengah Pertama di daerah kelahirannya yaitu Sumba. Kemudian Umbu menempuh Sekolah Menengah Atasnya di Yogyakarta lalu melanjutkan studinya ke Fakultas Sosial dan Politik di Universitas Gadjah Mada.


Umbu merupakan sosok yang turut serta melahirkan beberapa sastrawan kenamaan indonesia diantaranya Emha Ainun Najib (Cak Nun). Bagi Cak Nun, Umbu adalah sosok yang ia sangat kagumi dan sangat berpengaruh terhadap kehidupannya. Maka tak jarang Umbu selalu ia bilang dalam acara maiyahnya bahwa beliau ini, Umbu adalah sebagai Gurunya.


Sangat merasa kehilangan sosok beliau, Semoga beliau ditempatkan disisi Allah SWT. Aamiin.

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me