Peluang usaha online yang menjanjikan cuan

Akhir-akhir ini banyak bermunculan model usaha baru yang kekinian. Mengapa saya sebut kekinian? Ini lebih karena roadmap pemasaran usaha yang dijalankannya mengikuti perkembangan zaman sekarang.


Kita tahu bahwa dizaman sekarang ini perkembangan teknologi digital melaju sangat pesat, maka banyak pelaku-pelaku usaha yang dengan jeli memanfaatkan moment dan kesempatan baik ini. Tak jarang model usaha online ini mulai menggeser mereka para pelaku usaha bisnis yang masih menggunakan gaya-gaya lama atau konvensional (kita sebut Offline). Terbukti sekarang banyak pelaku usaha yang secara perlahan melakukan hal yang sama dalam memasarkan produk dan jasanya untuk memperoleh benefit yang maksimal, terlebih sejak adanya wabah covid19 ini banyak dari mereka yang secara perlahan memang ‘dipaksa’ melakukan peralihan.


Bukan tanpa sebab mereka para pelaku usaha atau bisnis offline mulai bergeser ke online, over cost atau biaya yang dikeluarkan menjadi salah satu faktor pertimbangan perpindahan model bisnisnya disamping kebutuhan waktu juga menjadi hal yng tak terelakkan. Kita tahu bahwa dengan online, fleksibelitas waktu yang dibutuhkan juga sangat terasa membantu dalam menjalankannya.


Usaha berbasis online yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja menjadikan tempat usaha atau lahan Toko yang nampak fisik tak lagi menjadi faktor penghambat dalam memulainya. Tak hanya itu, bagi mereka orang yang berjiwa dagang, tanpa mempunyai produk pun mereka bisa memasarkan produk milik orang lain secara online ke market pangsa pasar yang mereka tuju, mudah bukan?


Untuk anda yang punya keinginan dan belum memiliki ide atau gambaran usaha apa yang pas sesuai dengan fashion kalian, berikut saya rangkum beberapa peluang usaha online yang menjanjikan penghasilan tambahan untuk anda:


Freelancer

Untuk peluang usaha yang pertama adalah menjadi seorang freelancer. Freelance yang berarti kerja lepas dan tidak memiliki keterikatan dengan pihak manapun yang mempekerjakan kita dalam rentan waktu yang sangat lama. Dalam arti lain kita yang mempekerjakan diri kita sendiri demi memperoleh keuntungan dengan menawarkan apa yang kita bisa kepada orang lain.


Menjadi seorang freenlancer bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja, entah itu anda seorang pelajar, mahasiswa, tenaga pengajar, termasuk karyawan dari sebuah perusahaan, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance dan ini bisa menjadi referensi sebelum anda memulainya.


Freelancer hanya bermodalkan kemampuan atau skill yang utama, jadi itulah yang seharusnya anda miliki untuk terjun langsung menjadi seorang freelancer. Contoh kecil misalnya, jika anda seorang Tenaga Pengajar maka anda bisa menjual skill yang dimiliki dengan cara membuka kelas pribadi, atau anda ahli di bidang keuangan maka bisa saja anda menjadi konsultan suatu perusahaan, apapun itu skill yang dimiliki jika anda sudah mahir dan berniat untuk memanfaatkannya maka anda bisa menjadi seorang freelancer.


Bagi yang masih bingung dengan kemampuan apa yang dimiliki, anda harus ingat bahwa untuk menjadi seorang freelancer haruslah tahu dulu skill apa yang kita punya dan itu bisa kita jual demi memperoleh keuntungan. Jika anda sudah tahu dan mahir dalam bidang tersebut maka tak ada salahnya untuk ikut dan bergabung dengan beberapa flatform yang memang mewadahi seperti Freelancer Indonesia, Sribulancer, Fastwork, Up Work, Fivver, Project, dan lain-lain.


Beberapa contoh bidang pekerjaan yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang Freelancer


Jasa pembuatan Website (Web Depelover)

Untuk kalian yang gemar script coding dan sudah memiliki skill yang mumpuni pada bidang pembuatan website, dengan berbekal keahlian sebagai web development anda sudah bisa membuka jasa layanan sendiri dirumah.

Mengingat dimasa sekarang ini keberadaan suatu website adalah sesuatu hal yang sangat krusial didalam menyampaikan sebuah informasi akan profiling perusahaan, instansi, dan bahkan berbagai macam produk barang dan jasa untuk kemudian dijual belikan melalui internet. Dengan cukup besarnya animo kebutuhan dipasar, bukan tidak mungkin kebutuhan akan jasa seorang web developer akan banyak dicari oleh para pengguna jasa tersebut.

Jasa SEO & Digital Marketing

Programmer, Software Depelovment

Desain Grafis dan Photografi


Content Creator

Usaha seperti ini yang sekarang banyak digemari dan diminati kebanyakan orang di indonesia. Cukup dengan bermodalkan perangkat device dan jaringan mereka sudah bisa mengekspresikan bahkan memvisualkan ide-idenya untuk disampaikan kepada user. Istilah Content Creator ini seringkali disematkan kepada orang-orang yang memiliki kemampuan dalam hal menghasilkan materi-materi konten inovatif berupa gambar, tulisan, suara, dan video untuk kemudian mereka publish ke berbagai platform media digital.

Menjadi seorang Content Creator tak mesti harus memiliki kemampuan yang mahir soal teknologi, yang terpenting dia mampu membuat suatu kerangka pemikiran yang keren dan ciamik untuk kemudian disampaikan kepada user. Kenapa saya bilang tak mesti melek teknologi? karena tak semua proses dari ide sampai membagikan andaharus kuasai semuanya. Misalkan untuk memvisualkan ide yang dimiliki anda tak perlu juga mahir mengenai editing video, disini anda bisa mempekerjakan orang lain yang ahli dibidang editing video.

Sebagai seorang Content Creator ada banyak platform media yang bisa digunakan, seperti YouTube, Blog, Social Media Facebook, Instagram, Tiktok, dan lain-lain. Berikut istilah profesi yang disematkan untuk pengguna paltform media-media tersebut:

Youtuber

Semua orang berkesempatan dan berpeluang menjadi Youtuber, tinggal bagaimana anda bisa memulai dan ada niat saja sebenarnya. Cukup rekam dengan smartphone konten apa yang menurut anda itu akan menjadi menarik dipasaran. Jika konten yang anda sajikan bisa menarik perhatian banyak orang dan itu akan menjadikan orang-orang merasa perlu untuk mengikutinya (Subscribe) maka channel yang anda miliki dengan Subscriber yang banyak dan sudah melebihi batas ambang persyaratan maka anda sudah bisa memonetisasi channel youtube ke Google Adsense. Selain dengan memonetisasi channel ke adsense, anda bisa juga melakukan kerjasama yang menguntungkan dengan beberapa pelaku usaha untuk membuat suatu MOU mengenai produk yang akan dibuatkan kontent visualnya di channel milik anda. Bayangkan dengan subscriber yang bejibun berapa Rupiah yang bisa anda raup atas penayangan iklan adsense di video yang anda miliki.

Blogger

Ini cocok bagi mereka yang hobby menulis, dengan menyajikan postingan-postingan artikel yang banyak orang cari di internet akan berimbas pada meningkatnya jumlah pengunjung blog. Dengan banyaknya visitor blog perharinya blog anda bisa ditautkan dengan Google Adsense.  Semakin banyak orang yang meng-klik penayangan iklan adsense akan semakin banyak bayaran yang bisa anda peroleh. Untuk yang masih pemula anda bisa memulainya dengan platform yang gratisan seperti Blogspot dan Wordpress.

Selebgram

Istilah ini biasa digunakan untuk pemilik akun instagram dengan jumlah pengikut yang banyak dan mereka manfaatkannya untuk memasarkan produk-produk endorse dipostingannya. Pemilik produk dengan pemilik akun instagram biasanya melakukan suatu kesepakatan untuk memasang iklan produk dalam suatu portingan feed akunnya untuk jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika tarif pemilik akun dalam memasangkan iklan sehari Rp. 2.000.000 per satu produk. Maka bisa dihitung berapa hasil yang diperoleh jika pengendorse menyepakati untuk pemasangan produk iklannya selama seminggu.

Penulis Artikel (Content Writer)

Bagi kebanyakan perempuan masa kini yang memiliki hobby menulis akan hal-hal yang baru namun tak mempunyai bayangan harus memulainya dari mana, menjadi freelancer content writer merupakan salah satu jalan untuk anda bisa mengekspresikan diri melalui sebuah tulisan, siapa tahu dengan ini anda bisa meniti karir dan meraih kesuksesan yang di idam-idamkan selama ini.

Profesi sebagai penulis artikel sekarang ini menjadi kebutuhan di era serba digital. Banyak perusahaan-perusahaan lokal maupun mancanegara yang membutuhkan seorang penulis artikel.


Penerjemah Bahasa

Konsultan dan Analis Bisnis


Reseller & Dropshipper

Menjual ulang mungkin bahasa yang cocok untuk menerjemahkan apa itu Reseller. Sesuai dengan namanya Reseller adalah pekerjaan yang menjual kembali produk barang kepada calon pembeli dengan harga jual yang telah ditentukan si penjual atau supplier. Dan lagi untuk menjadi seorang reseller setidaknya kita harus mempunyai sedikit modal untuk menyimpan stok produk. Ini sedikit berbeda dengan menjadi Dropshipper.

Sedangkan Dropshipper ini hampir sama dengan Reseller, perbedaannya dalam menjadi dropshipper kita tak perlu memiliki bentuk barang yang akan dijual secara fisik karena sifatnya yang hanya meneruskan. Cukup hanya dengan beberapa katalog gambar produk saja yang digunakan, biasanya ini berkaitan dengan penjualan produk-produk online di marketplace seperti Shopee, Lazada, dan lain-lain. Bahasa familiarnya mungkin bisa dibilang sebagai calo modern.


Kedua bisnis ini Reseller dan Dropshipper sedang marak-maraknya didalam bisnis e-commerce saat ini, sehingga membuka banyak peluang untuk yang ingin mencari pekerjaan sampingan dirumah.


Influencer


Ada yang sudah tahu apa itu influencer? Sederhananya, Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampun untuk mempengaruhi banyak orang (audiens) sesuai dengan kapasitas pengetahuan yang dimilikinya.


Freelance sebagai influencer misalnya dengan mengadakan suatu pelatihan khusus atau workshop bahkan bisa juga mengadakan seminar-seminar ke beberapa universitas, intansi, perusahaan dan sebagainya yang dibuat edisi dengan beberapa sesi untuk audiens yang terbatas dengan menggunakan sistem masuk ticketing atau menjual karcis. 


Disamping anda memperoleh keuntungan dari hasil penjualan tiket masuk, jobdesk ini juga bisa dikatakan sebagai sarana berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan kepada audiens.


Affiliasi/Affiliate Marketing


Affiliasi merupakan model bisnis berbasis internet marketing yang cara kerjanya melakukan pemasaran produk barang atau jasa milik orang lain, merchain, atau perusahaan kepada calon pembeli secara online dengan memperoleh keuntungan dari bagi hasil atas terjualnya produk barang atau jasa yang ditawarkan.


Untuk menjadi seorang affiliasi kita tidak perlu memiliki produknya, cukup dengan membantu mereka memasarkan secara online produk yang mereka miliki melalui link affiliasi yang mereka berikan. Medianya beragam, kita bisa memasarkan produk mereka dengan memanfaatkan social media Facebook, instagram, atau membangun sebuah website yang didalamnya terdapat link affiliasi produk-produk mereka yang akan kita pasarkan.


Jika ada konsumen yang membeli produk tersebut melalui rekomendasi link affiliasi yang kita punya maka dengan otomatis kita akan mendapatkan komisi penjualan sesuai dengan jumlah atau persentase komisi yang sudah disepakati diawal.

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me