Penghasilan pertama dari Google Adsense

Awal tahun 2021 adalah pengalaman pertama mendapat pembayaran dari Google Adsense. Setelah penantian yang lumayan cukup lama dari pertengahan tahun 2019, akhirnya saldo akun adsense mencapai ambang batas pembayaran yang sudah ditentukan secara default yaitu Rp. 1.300.000,-

Susah-susah gampang memang untuk bisa mendapat penghasilan dari Google Adsense. Dengan terus berusaha menarik jumlah pengunjung setiap harinya dengan tetap konsisten menulis artikel yang berkualitas maka penghasilan yang didapatkan sedikit banyaknya akan sangat berpengaruh terhadap penghasilan. Mulai dari yang hanya mendapat kurang dari 10 visitor setiap harinya sampai pada 1.000 visitor perharinya dalam waktu beberapa bulan belakangan ini.


Tak begitu banyak jumlah postingan pada blog ini, lebih kurang 50 postingan artikel yang dipublish, itupun tak semuanya memiliki minat baca yang bagus dari visitor, hanya sepertiga saja dari total keseluruhan postingan yang secara grafik memiliki ranking kunjungan tertinggi.


Cara meningkatkan jumlah Klik Google Adsense agar pendapatan semakin bertambah

Belajar dari pengalaman ini, beberapa hal yang bisa saya bagi dan mungkin bisa menjadi pemicu semangat bagi publisher adsense yang masih newbie, bahwa:


1. Kualitas artikel lebih penting ketimbang jumlah postingan

Jumlah postingan artikel yang dipublish tidak selalu menjamin adanya minat baca dari pengunjung blog. Jadi, kualitas artikel sangat menentukan minat baca pengunjung. Semakin banyak orang mengunjungi dan membaca artikel yang dipublish maka akan secara otomatis mengoptimasi peringkat blog.


2. Buatlah artikel dengan kata kunci yang menarik

Hampir 80% topik artikel yang dibahas akan menarik minat baca visitor dengan keyword, atau kata kunci yang "viral" sedang trend atau bisa juga dengan membuat artikel yang jarang orang lain bahas tetapi sangat banyak dicari orang.


3. Konten yang sedang viral bukan jaminan

Sayangnya, membuat artikel yang sedang viral kala itu akan sangat sulit untuk bisa meningkatkan SEO dalam menekan jumlah pengunjung karena banyaknya persaingan. Terkecuali anda menggunakan tata bahasa yang beda dari kebanyakan orang pakai dan atau blog anda tadinya sudah berada pada ranking terbaik dihalaman awal pencarian.


4. Keaslian Konten

Keaslian isi konten tanpa adanya tindakan plagiat merupakan nilai tambah pada blog, karena pengunjung akan sangat memahami dan mengetahui dari karakter penulisan, gaya bahasa dan kalimat yang digunakan. 


5. Gunakan Template dengan Layout minimalis

Penggunaan layout atau tata letak yang minimalis tanpa adanya element-element widget yang tidak perlu, kemudian penggunaan gambar sebagai ilustrasi akan sangat mempengaruhi pada kecepatan loading page. Gunakan template blog yang seo friendly baik secara mobile version pun desktop version.


6. Tidak dianjurkan melakukan Spam

Jangan terlalu banyak melakukan spam. Istilah lainnya menyebarkan link dengan harapan orang akan mengklik tautan link untuk tujuan agar bisa meningkatkan jumlah visitor. (Boleh dilakukan asal dengan catatan).

7. Optimasi dengan Google Web Console

Melakukan optimasi dengan memanfaatkan fitur bawaan google yang disediakan secara gratis yaitu dengan Google Webmaster Console. Ini dilakukan agar artikel yang dipublish bisa terindeks oleh mesin pencari dan berada pada puncak pencarian teratas. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan SEO page selain dari pemilihan keyword unik yang digunakan.


8. Lakukan Analysa Data Berkala

Selalu lakukan analysa mulai dari perilaku pengunjung maupun kata kunci yang banyak orang cari serta jangan lupa untuk melakukan evaluasi rutin minimal dalam setiap minggunya, ini bisa anda lakukan melalui Google Analitycs bawaan google. Disamping gratis tools ini juga bisa kita optimalkan penggunaannya.


9. Hapus Artikel yang kurang mendapatkan respon

Ini cukup ekstrim dan memang perlu untuk dilakukan, yaitu menghapus beberapa post artikel yang kurang mendapat apresiasi atau respon positif dari pengunjung. Lumayan kan untuk memperingan speed loading page blog.


10. Update secara berkala

Selalu rutin melakukan update dan upgrade artikel bila itu dirasa perlu agar informasi yang disajikan bisa compatible dan relevan dengan situasi dan keadaan saat itu.



Itulah sebagian kecil yang bisa disharing, setidaknya bisa menjadi rekomendasi dan motivasi anda dalam meningkatkan jumlah visitor blog. Dengan begitu kemungkinan pengunjung untuk mengklik iklan Adsense akan semakin besar peluangnya.


Semakin menarik konten blog yang dimiliki, magnet pengunjung akan semakin mengalami kenaikan dan itu akan mempengaruhi pada penghasilan Google adsense anda. Tetap konsisten dan ulet dalam mengisi konten blog. Buat nice dengan ciri khas anda sendiri, karena hasil yang nantinya anda peroleh tak akan menghianati proses.

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me