Hal yang sering ditanyakan pengguna baru (newbie) Adsense

Menjadi publisher Google Adsense masih menjadi primadona cantik yang selalu menarik perhatian kalangan para pendulang Dollar di internet. Terlebih sekarang ini banyak bermunculan baru pengguna yang belum tahu betul bagaimana seluk beluk mengenai menjadi publisher adsense.


Untuk sekarang ini Google Adsense masih menjadi salah satu sumber penghasilan utama bagi para blogger atau youtuber. Dengan menjadi bagian dari adsense sebagai publisher atau penayang iklan mereka akan mendapat pemasukan berupa pembagian komisi untuk setiap iklan yang muncul dan mendapat respon klik dari pengunjung.


Untuk kalian yang masih newbie banget, sengaja saya rangkumkan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dan sebagian informasi tentang bagaimana itu Google Adsense agar kalian bisa dengan mudah mendapatkan apa yang memang belum anda ketahui tentang Adsense sebelumnya.




Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul yang bisa membantu memecahkan permasalahan kalian:


Q: Apakah membuat konten review (Youtube) bakal kena Copy Right?

A: Tidak, selama isi kontennya original. Kalo memang memakai OST Soundtrack, usahakan memakai backsong sendiri.


Q: Saya terkena pelanggaran Copy Right lagu yang mengakibatkan video saya secara otomatis dihapus oleh Youtube, jika saya melakukan pelanggaran 1 kali lagi dengan kasus yang sama apakah Chanel YT saya akan di banned atau di suspend?

A: Jika melakukan lagi pelanggaran yang sama biasanya Channel YT akan di dismon dan harus menunggu sekitar 30 hari untuk daftar monetisasi kembali.


Q: Solusi agar konten Re-uploader tidak kena CopyRight?

A: Agar bisa bertahan dengan konten re-uploader, ada baiknya video menggunakan fair use dibawah 5 detik. Dengan per 5 detik footage ganti-ganti ini bisa membantu agar tidak kena pelanggaran hak cipta.


Q: Kenapa estimasi pendapatan adsense tertunda?

A: Jangan khawatir, itu lumrah terjadi. biasanya pihak adsense membutuhkan waktu untuk validasi data saja.


Q: Kalau ganti nama situs Blog dengan Domain (TLD maksudnya), apakah iklan asense akan hilang?

A: Secara akun adsense, tidak akan hilang. hanya saja iklan di Blog yang lama tidak akan muncul karena Domain sudah diganti. Solusiya, Tambahkan Unit Iklan Adsense yang baru untuk ditempatkan di Domain Blog yang baru (TLD). dan ini membutuhkan proses review site lagi.


Q: Berapa lama pengiriman PIN Adsense sampai di alamat tujuan?

A: Google akan mengirimkan Surat yang berisi 6 digit PIN dalam 1 - 14 Hari kerja.


Q: Bagaimana cara verifikasi setoran dari Google?

A: Google akan melakukan transfer dalam 1 - 3 hari. Setelah itu cek mutasi rekening. kemudian masukan nilai atau nominal jumlah transfer dari google (Jumlahnya dibawah Rp. 1000).


Q: Apakah kalau ganti template blog, iklan adsense akan hilang?

A: Tidak, selama kode iklan adsense pada layout blog tidak dihapus.


Q: Kenapa iklan adsense automatis Vinyet tidak muncul?

A: Iklan tersebut biasanya tayang atau muncul mengikuti tarffic pengunjung.



Mengenal istilah-istilah pada Google Adsense

Ada beberapa istilah yang mesti kita tahu sebagai publisher adsense, apalagi bagi anda yang baru saja diterima atau di approved sebagai pathner pengiklan adsense. Sepintas akan sedikit membingungkan memang, akan tetapi istilah-istilah ini akan sangat familiar nantinya karena akan sangat mudah dan sederhana sekali untuk bisa dipahami meskipun baru saja memulai menjadi publisher adsense. Adapun ketika sudah masuk dalam akun Dashboard Google Adsense kita akan melihat beberapa tampilan istilah seperti:


Estimated Earnings (Penghasilan Tertaksir)

Sesuai dengan namanya Estimated Earnings merupakan istilah untuk menampilkan informasi taksiran jumlah pendapatan atau penghasilan yang diperoleh baik itu untuk waktu Hari ini, Kemarin, Seminggu yang lalu, dan beberapa bulan ke belakang.



Jumlah penghasilan yang didapat ini merupakan akumulasi dari hasil hitung banyaknya Click yang dikalikan dengan jumlah BPK atau CPC yang ada. Jumlah Estimated Earnings yang diperoleh itu bukan berarti merupakan jumlah final yang nantinya akan kita dapatkan pada saat masa pembayaran, kenapa? Karena diakhir pihak Google akan menganalisa kembali mana yang merupakan tindakan klik yang benar-benar valid dan mana klik yang tak valid. Jika pada prakteknya terdapat tindakan klik yang tidak valid sesuai dengan ketentuan TOS Adsense, maka akumulasi penghasilan yang diperoleh akan secara otomatis dikurangi.


Halaman (Page Views)

Grafik ini adalah untuk menginformasikan banyaknya tampilan halaman yang dikunjungi visitor blog.


RPM Halaman

RPM yang merupakan singkatan dari Revenue Per-thousand Impression ini adalah jumlah taksiran yang diperoleh per-seribu kali tayang.


Klik (Click)

Klik adalah banyaknya jumlah klik yang dilakukan pengunjung blog terhadap iklan adsense yang tayang pada blog kita.


CPC (Cost Per-Click)

Cost Per-Click atau Biaya Per-Klik ini merupakan rata-rata komisi yang sudah kita dapatkan setiap kali ada pengunjung blog yang mengklik tayangan iklan adsense, rumusnya penghasilan tertaksir dibagi banyaknya jumlah klik. Untuk tiap besaran yang didapatkan per-kliknya biasanya berbeda-beda tergantung pada ketentuan si pengiklan itu sendiri, kalau untuk mata uang IDR (Rupiah) biasanya paling rendah dikisaran 300 dan paling tinggi bisa sampai 6000 Rupiah per-kliknya.


RKT Halaman atau CTR (Click Through Ratio)

RKT atau Rasio klik Tayang merupakan persentase dari banyaknya klik iklan yang didapatkan jika dibanding dengan jumlah tampilan laman. Rumusnya adalah Klik dibagi Laman kali 100%.



Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me