Kosakata indah dalam bahasa indonesia yang tak banyak orang ketahui

Tahukah kamu bahwa bahasa adalah ungkapan pernyataan dari bentuk pemikiran yang kemudian dikomunikasikan antara manusia dengan manusia lainnya. Peranan bahasa sangat penting dalam menyampaikan suatu pikiran.


Banyak macam bahasa yang manusia gunakan didunia ini, terlebih untuk penggunaan bahasa indonesia. Negara Indonesia yang merupakan satu-satunya negara yang didalamnya terdapat macam-macam suku dan bangsa dengan berbagai ciri khas bahasa berdasarkan daerahnya masing-masing.


Saking banyaknya bangsa yang mendiami indonesia maka dipilihlah bahasa kesatuan Republik Indonesia yaitu Bahasa Indonesia. Ini dimaksudkan agar dari masing-masing suku bangsa yang ada bisa memahami penyampaian dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Dalam prakteknya terdapat kosakata-kosakata bahasa indonesia yang dituangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) namun jarang sekali orang indonesia mengucapkan dalam proses komunikasi kesehariannya.


Berikut beberapa kosakata indah bahasa indonesia yang jarang sekali diketahui orang indonesia karena saking jarangnya digunakan dalam proses komunikasi sehari-hari.


Afsun

Dalam KBBI kata afsun bisa menggambarkan seseorang, atau tempat, yang artinya Pesona. Afsun merupakan salah satu bentuk kata yang termasuk arkais atau sudah tidak digunakan lagi (kuno) ketinggalan zaman.

Aksa: Jauh

Amerta: Abadi


Arunika

Diartikan sebagai cahaya matahari yang terbit di pagi hari.


Asmaraloka: Alam dan cinta kasih

Baswara: Bercahaya

Bentala: Bumi

Bestari: Berpendidikan

Binasa: Mati


Candala

Makna yang terkandung cenderung kata sifat yang negatif, yang artinya rendah diri atau hina.


Candramawa

Kata ini lebih diperuntukan khusus untuk hewan peliharaan seperti kucing yang mempunyai warna bulu hitam campuran putih. Jadi kata ini cocok untuk menamai seekor kucing peliharaan yang mempunyai warna bulu hitam bercampur putih.


Derana

Kata sifat yang berarti Tahan, Tabah pada keadaan dan tak mudah berputus asa dalam menghadapi.


Dirgantara

Dirgantara berhubungan sekali dengan istilah aerokosmik yang berarti segala sesuatu yang ada ditas bumi (dilangit). Sesuai dengan artinya, nama dirgantara sendiri dipakai untuk salah satu nama dari maskapai penerbangan yang ada di indonesia.


Elegi

Ini adalah istilah yang umum digunakan pada kesusastraan yang merujuk pada syair duka cita atau ratapan. Bisa digunakan untuk orang yang sedang berduka cita karena kehilangan orang yang dikasihinya.


Jatmika

Kosakata ini lebih kepada sikap sopan santun atau tingkah laku seseorang.


Jenggala

Menunjukan kata tempat, bisa diartikan sebagai Hutan; Rimba.


Kirana

Kirana bisa menjadi nama bayi perempuan dengan kearifan lokal yang artinya Cahaya Sinar Cantik.


Kulacino: Tetesan air dari gelas yang basah karena dingin


Lazuardi

Diartikan sebagai batu permata biru yang kemerah merahan. Nama ini kerap disandingkan dan publik mengenalnya sebagai nama panjang dari penyanyi papan atas yang merupakan vokalis dari band BIP yaitu Ipank Lazuardi.


Lengkara

Memiliki arti tidak mungkin ada, atau kerap disebut dengan Mustahil.


Litani

Secara harafiah merupakan bentuk permohonan atau Do’a yang dipanjatkan bersama. Biasanya diungkapkan sambut menyambut dalam upacara pembaktian di gereja.


Lindap

Lindap diartikan Redup, mendung, atau suasana yang teduh.


Nayanika

Dimbil dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti mata indah yang memancarkan daya tarik.


Nestapa: Sedih


Nirmala

Sesuai dengan namanya yang anggun, Nirmala memiliki arti Bersih; Suci, tanpa noda tidak ada cacat. Ini cocok dan sudah banyak digunakan dalam memberi nama pada seorang anak perempuan.


Nirwana

Bisa diartikan sebagai tempat yang damai dan memiliki ketentraman yang sempurna: Surga. Dalam agama Budha, nirwana merupakan konsep keadaan dimana seseorang bisa terbebas dari penderitaan dunia.

Niscaya: Pasti

Niskala: sesuatu yang abstrak

Nuraga: Simpati, berbagi rasa

Pancarona: Bermacam-macam warna

Ranum: Matang


Sandyakala

Kata ini diambil dari bahasa sansekerta, sandya yang berarti; samar, senja, dan kala; menunjukan waktu. Jadi sandyakala bisa diartikan sebagai waktu dimana matahari mulai terbenam yaitu saat cahaya merah dilangit senja.


Saujana

Secara harfiah kata Saujana ini memiliki arti sejauh mata memandang.


Senandika

Merupakan monolog drama kasusastra ketokohan dalam mengungkapkan perasaan atau suara hatinya melalui karya tulisannya.


Suryakanta

Surya yang berarti cahaya matahari dan kanta yang berarti kaca. Suryakanta bisa diistilahkan untuk penyebutan kaca pembesar atau sering kita tahu dengan istilah Luv.

Swastamita: Pemandangan nan indah saat matahari terbenam

Ugahari: Sedang (pertengahan)


Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me