Kenapa selalu ada Timun pada setiap Menu Makanan Bersambal PEDAS

Adakah diantara kalian dibuat heran dan bertanya-tanya dengan beberapa potongan timun yang selalu disandingkan dengan sambal atau beberapa menu makanan yang pedas?


Karena saking seringnya dan sudah menganggap lumrah kadang kita terbiasa langsung memakannya dengan sambal. Padahal kalo kalian cermati lebih jauh ada korelasi diantara keduanya terkait kenapa selalu ada timun dan sambal dalam satu sajian piring makan malammu.



Seringkali didapati ketika misalnya kita memesan menu makan yang disajikan bersama dengan sambal kemudian dipinggirnya selalu terdapat dua atau tiga tumpukan irisan timun. Terutama pada menu jajan makanan pinggir jalan di hampir seluruh wilayah indonesia, Contohnya sering kita jumpai pada menu Pecel Lele, Ayam Penyet, Ayam Geprek, atau apapun itu menunya pasti lalapan yang disediakan adalah diantaranya potongan mentimun dengan sambalnya.


Timun atau Mentimun (Latin: Cucumis Sativus) merupakan makanan berupa buah yang lebih dikenal sebagai sayuran ini berasal dari daratan china bagian tengah dan barat, kemudian dari bagian timur laut India dan Myanmar, hingga pada akhirnya menyebar ke wilayah Indonesia dan beberapa wilayah di dunia.


Harus kamu Tahu bahwa Buah Mentimun ini memiliki kandungan air yang tinggi didalamnya, sehingga pada saat kita memakannya akan ada terasa seperti basah segar dilidah dan bibir. Nah dari penjelasan ini sekarang sudah sedikit paham bukan kenapa timun selalu disandingkan dengan rasa pedas atau sambal?


Ya, karena ketika kita makan makanan dengan sambal cabai yang setidaknya itu membuatmu akan terasa pedas di lidah dan panas di bibir, jadi dengan memakan potongan timun inilah yang akan sangat membantu menetralisir rasa pedas dan panas di lidah maupun bibir. Itulah kenapa selalu ada Timun pada setiap menu makanan bersambal.


Selain sebagai penetlalisir rasa pedas karena kandungan airnya yang tinggi, makan buah mentimun juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah sebagai penurun tekanan darah atau biasa kita sebut Hipertens, kemudian bisa untuk menjaga dari dehidrasi sehingga tubuh dapat terhidrasi dengan baik, dan bisa membantu dalam menurunkan kolesterol karena kaya akan potasium dan mangan. Tak hanya itu, buah mentimun juga terdapat kandungan Vitamin K dan Vitamin C didalamnya.


Sebagai informasi tambahan bahwa mentimun mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dalam jumlah banyak dan memiliki sifat diuretik yang memicu produksinya air seni. Akibatnya racun dan bakteri hasil metabolisme akan terdetoksifikasi atau terdorong keluar bersamaan dengan keluarnya air seni.

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me