Review Buku "Atomic Habits" Tentang Perubahan Kecil Yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Untuk membuat kamu lebih produktif dalam mengisi sela waktu yang kosong dan sia-sia dengan memulai membiasakan kebiasaan-kebiasaan baru yang bermanfaat. Sekalipun kebiasaan itu dirasa sangat kecil manfaatnya tapi jika dilakukan berulang dan menjadi kebiasaan maka dampaknya bisa memberikan manfaat yang luar biasa besar terhadap diri sendiri, terlebih akibat positif untuk orang-orang disekitarmu.


Kebiasaan biasanya bergantung pada tempat dimana kamu berada, dan itu yang setidaknya membentuk Perilaku manusia pada kenyataannya. Konteksnya adalah apa yang manusia lihat itu adalah petunjuk yang membuat manusia berubah dan berperilaku yang menjadikannya kebiasaan yang sudah terbiasa. Jadi bisa dikatakan bahwa lingkungan mempunyai peranan atau pengaruh besar terhadap kebiasaan yang dilakukan manusia dalam menanggapi petunjuk-petunjuk yang ada dan terlihat.


Dengan membaca buku "Atomic Habits" manusia dirancang untuk bisa mengontrol dan mengendalikan peristiwa yang terjadi di tempat lingkungannya berada.




Atomic Habits: Perubahan kecil yang memberikan hasil luar biasa.

Dalam buku ini dijelaskan metode mengenai proses membangun kebiasaan yang lebih baik dengan cara menjalankan 4 kaidah sederhana ini:


1. Petunjuk (Cue)

Cara terbaik untuk memulai perilaku dengan kebiasaan baru atau bisa juga tetap dengan menggunakan kebiasaan lama adalah menjadikannya terlihat. Setiap kebiasaan dimulai dari dan dengan adanya petunjuk yang jelas terlihat. Dengan melihat visual yang jelas biasaya akan lebih memungkinkan kita dalam memacu tindakan manusia untuk mengikuti dengan aksi yang dilakukannya kemudian.


Konteks adalah petunjuk, pemicu kebiasaan bisa muncul dan dapat lebih mudah dirubah pada lingkungan atau lokasi baru. Manusia secara mental pasti akan selalu terpaut dengan yang namanya kebiasaan-kebiasaan ditempat dimana kebiasaan itu berlangsung.


Dalam bukunya dijelaskan bahwa petunjuk itu merupakan indikator pertama yang dekat dengan ganjaran, jadi wajar kalau hal itu bisa membangkitkan gairah. 


2. Gairah (Craving)

Kaidah kedua adalah menumbuhkan gairah atau nafsu, semua perilaku digerakan oleh adanya gairah untuk melakukan. Dengan adanya gairah maka ini menjadikannya menarik sebagai penggerak dalam setiap kebiasaan yang dilakukan. Jadi tanpa adanya keinginan atau gairah maka tak ada motivasi yang bisa dilakukan untuk segera memulai sesuatu dengan aksi nyata.


3. Tanggapan (Responce)

Tanggapan merupakan langkah ketiga yang bisa dilakukan. Dengan menanggapi bisa menjadikannya mudah. Kaidah ini bisa terjadi tergantung pada seberapa besar gairah (Kaidah kedua) yang bisa memicu kamu, karena kebiasaan dapat terjadi hanya karena kamu mampu untuk melakukannya.


4. Ganjaran (Reward)

Ganjaran menjadikanya puas, dan ganjaran yang memuaskan adalah sasaran akhir yang timbul akibat dari setiap kebiasaan yang berhasil dilakukan.


Dengan membaca buku Atomic Habits karya James Clear yang sudah dalam rilis Bahasa Indonesia dijamin akan membuat kamu nyaman dan betah dengan gaya penulisannya yang sistematis. Bukan hanya itu, penyampaiannya yang terstruktur dan masuk nalar manusia pada umunya akan mampu membuat pembaca yang awam sekalipun dapat mengerti maksud dari tutur kalimatnya.

Dalam buku ini juga dijelaskan bahwa untuk mendapat raihan yang besar kita tak perlu menunggu sesuatu yang besar untuk memulai, akan tetapi bisa dimulai dari sesuatu hal yang kecil dan paling terkecil yang dengan kebiasaan itu akan memperoleh perubahan atau sesuatu hal yang besar pada akhirnya.

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me