Mengatasi Xiaomi Redmi Note 5A Stuck Berhenti di Logo (Bootlop)




Kejadian seperti ini sering dialami pada Smartphone xiaomi Redmi Note 5A terutamanya milik sendiri yang tidak bisa masuk pada tampilan normal atau Home. Istilah ini disebut Bootlop karena Hp tidak akan bisa masuk normal melainkan yang terjadi adalah mengalami stuck (diam) di logo atau terus menerus mengalami restart dengan sendirinya.


Banyak faktor yang menyebabkan xiaomi redmi note 5A menjadi bootlop tidak bisa masuk secara normal. Diantara penyebabnya adalah bisa jadi karena kerusakan pada ROM atau Firmware yang terpasang, kemudian pada Flexible tombol on/off yang rusak atau konslet, IC atau chipset power dan bisa juga dikarenakan kondisi baterai yang bermasalah, terakhir bisa jadi karena kerusakan pada IC WRT atau IC EMMCnya.


Jika kerusakan yang teridentifikasi adalah kerusakan pada perangkat keras (Hardware), kemungkinan terbesarnya adalah melakukan penggantian sparepart dan itu kebanyakan untuk sebagian orang yang awam dan tak tahu caranya akan sangat bergantung pada jasanya Tukang Service HP, alhasil harus ada biaya yang dikeluarkan.


Tapi lain hal kalau kerusakan pada smartphone ini disebabkan karena permasalahan software atau firmware, kemungkinan kita membawa ke ahli service akan sangat kecil terjadi. Disamping karena alasan bisa menghemat pengeluaran biaya, ada pengetahuan tambahan yang bisa kita miliki disini. Karena pada dasarnya ini bisa saja dilakukan untuk setiap orang yang melek pada bidang teknologi dan tidak kaku. Cukup hanya bermodalkan Laptop dan kuota internet, semua orang yang mengalami kerusakan begini bisa dengan mudah diatasi.


Berikut adalah cara bagaimana melakukan perbaikan pada Smartphone Xiamoi Redmi Note 5A yang mengalami kerusakan pada firmware, yaitu dengan melakukan flashing software atau penginstallan kembali sistem yang terpasang pada ROM memori.


Flashing Xiaomi Redmi Note 5A melalui MiFlash

Kita akan memulai flashing melalui aplikasi yang sudah disediakan gratis oleh Xiaomi Mobile Inc, namanya MiFlash Tool. Link downloadnya akan saya berikan dibawah, ini bisa digunakan untuk pengguna xiaomi yang devicenya menggunakan Chipset Qualcomm SnapDragon maupun MediaTek. Tapi alternatifnya alangkah lebih baik jika ingin mencari sendiri software yang sama dengan versi yang berbeda ini sangat dipersilahkan, akan sangat banyak bertebaran di internet dan mudah untuk ditemukan.


File yang harus disiapkan sebelum memulai flashing, silahkan untuk mengunduh Link dibawah pada Google Drive!


Download [ Mi Flash Tool.rar ]

Download [ Driver USB.zip ]

Download [ ADB Driver.zip ]

Download [ ROM Global Images V.8.5.4.0.tgz ]



Langkah-langkah melakukan Flashing pada Xiaomi Redmi Note 5A
  1. Silahkan untuk mengeluarkan (ekstarct) file .rar/.zip yang tadi sudah di download. Tak diekstrak juga tak masalah sebenarnya.
  2. Buka file MiFlash Tool Portable. --Untuk Versi lainnya, lakukan install jika perlu--
  3. Koneksikan smartphone pada Laptop dengan kabel data, harus benar-benar terbaca pada aplikasi MiFlash Tool. Jika belum terbaca, installkan Driver USB & ADB Driver yang tadi diwnload.
  4. Klik Refresh untuk memastikan apakah device sudah terdeteksi dan muncul pada MiFlash.
  5. Setelah device terdeteksi, silahkan klik pilih dan cari letak file ROM Firmware Global Images V.8.5.4.0.tgz yang tadi di download.
  6. Jika sudah, silahkan pilih dan klik Flash pada aplikasi MiFlash. Tunggu progresnya biasanya prosesnya membutuhkan waktu beberapa menit sampai selesai dan ditandai Result notifikasinya bertuliskan Succes berwarna hijau. --Ulangi kembali langkah ditahap ini jika prosesnya mengalami kegagalan atau error warna merah--
  7. Jika proses flashing sudah sukses, lepaskan koneksi kabel data USB pada laptop/smartphone dan kembali hidupkan Smartphone. Biarkan smartphone menjalankan proses booting seperti biasanya sampai muncul pada tampilan layar MIUI.

Jika berhasil proses pemasangan Rom Firmware, maka kondisi smartphone akan kembali seperti baru lagi. 

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me