Perbedaan antara Hosting dan Domain

Apa itu HOSTING? Apa itu DOMAIN?

Bagi anda yang belum tahu atau sudah tahu tapi masi merasa gamang, sedikit akan saya perjelas mengenai apa itu Hosting dan Domain. Dari istilah keduanya merupakan obyek yang tak sama, namun bisa juga merupakan satu kesatuan.


HOSTING

Hosting - adalah tempat dimana kita bisa menyimpan data atau file dalam bentuk Teks, Gambar, Video, dan lain sebagainya pada sebuah server untuk kemudian bisa diakses melalui jaringan internet secara bersamaan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

[Oke, Sampai sini sudah bisa dimengerti?] Kalau sudah, kita lanjut.

Nah... lalu apa itu Server? Server adalah bentuk fisik dari suatu tempat penyimpanan data, bentuknya sama saja dengan komputer biasa kebanyakan akan tetapi spesifikasi perangkat yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan hosting itu sendiri. Server Hosting akan disimpan di data center, karena pemakaiannya yang harus full on time maka piranti server hosting biasanya selalu dilengkapi dengan piranti tambahan berupa UPS, disamping piranti backup jika nanti terjadi sesuatu hal yang tak di inginkan. Agar server hosting ini bisa diakses, server hosting haruslah tersambung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi agar pada saat diakses secara bersamaan tidak mengalami down.

Hosting yang diperuntukan untuk website biasanya disebut dengan Web Hosting. Server Web Hosting haruslah disupport dengan sistem operasi dan software yang bisa menjalankan aplikasi web untuk mampu terus beroperasi secara terus menerus.

Macam-macam Hosting

Terdapat beberapa macam Hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari yang namanya Shared Hosting, Dedicated Hosting, VPS hosting, dan Cloud Hosting. Berikut saya jelaskan satu persatu.

Shared Hosting - Ini adalah hosting yang paling umum orang gunakan karena untuk satu hosting ini bisa digunakan  oleh beberapa website. Disamping bisa digunakan untuk beberapa website/client, hosting ini juga terbilang relatif murah dari segi harganya.

Dedicated Hosting - Ini adalah satu hosting yang dipakai untuk satu website/client saja, kebalikannya dari Shared Hosting. Karena sifatnya yang khusus untuk satu website saja biasanya untuk pengguna hosting ini kebanyakan dari kalangan pengguna e-commerce (marketplace) dan internal perusahaan.

VPS Hosting - (Virtual Private Server) Bagi para blogger VPS hosting menjadi rekomendasi tersendiri bagi mereka. Karena segala bentuk konfigurasi dikelola penuh oleh pemilik VPS sesuai kebutuhan.

Cloud Hosting - Ini merupakan tipe hosting yang sumber dayanya dikelola berdasarkan beberapa server fisik yang terpusat di lebih dari satu server saja. Maksudnya adalah jika salah satu server mengalami masalah, maka kita tak perlu khawatir akan data kita yang tersimpan. Ini dikarenakan ada server pengganti yang akan menghandlenya sehingga layanan akan tetap berjalan dengan maksimal.

DOMAIN

Domain - adalah nama identitas unik dari suatu alamat website kita yang ketentuannya sudah diatur sedemikian rupa oleh badan regulasi yang berwenang didalamnya. Contoh ekstensi domain yang banyak penyedia jasa tawarkan adalah .org - .id - .com - .net - .web.id dan lain-lain. Nama domain yang unik inilah yang nantinya akan mengarahkan pengakses ke alamat IP server hosting tadi. Sederhananya, domain adalah alamat website itu sendiri.

Untuk bisa memilikinya, kita harus mengeluarkan kocek untuk menyewanya. Harga yang ditawarkan sangatlah bervariatif sesuai dengan layanan yang penyewa berikan. Ada banyak sekali perusahaan penyewa hosting dan domain yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah QWORDS. Untuk mendaftar dan membeli atau menyewa Domain dan Hosting dengan harga murah saya rasa QWORDS menjadi alternatif yang cocok untuk saat ini dan tentunya yang paling penting adalah layanan yang diberikan Full 24 jam dari customer service.

Jika anda sedang mencari sewa Hosting dan Domain yang memberikan layanan terbaik silahkan untuk kepo-kepo sedikit dan sekalian kunjungi Websitenya Disni!

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me