Better Ads Standards Global pada Google Chrome

Akhir-akhir ini publisher Google Adsense mendapat notifikasi baru pada akunnya mengenai Better Ads Standards Global pada Google Chrome.

Notifikasi dashbordnya sebagai berikut:

Better Ads Standards Global, Google Chrome akan menerapkan Better Ads Standards di seluruh dunia mulai tanggal 9 Juli 2019. Iklan dapat di filter di browser Chrome jika Anda tidak mematuhi standar tersebut.

Wajib diketahui bersama untuk para publisher Google Adsense agar pada saatnya nanti tanggal 9 Juli 2019 setelah peraturan ini resmi diberlakukan di seluruh dunia, publisher diharapkan untuk bisa memperbaiki penempatan format iklan dengan baik. Terlebih ini memang harus dilakukan jika tidak ingin berpengaruh pada target pendapatan dari penayangan iklan.

Perbaikan ini akan berlaku pada Browser Chrome besutan Google di Web Desktop maupun Web Seluler.

Bagi yang masih bingung Apa itu Better Ads Standards? Yuk, simak kilasan sederhananya disini!

Better Ads Standards - adalah sebuah program yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna terhadap jenis-jenis iklan atau konten promosi yang ditampilkan di web sebagai hasil dari transaksi komersial yang ada saat ini.

Dari sumber halaman resminya koalisi menginformasikan bahwa sebelumnya program Better Ads Standards ini sendiri telah dilakukan survei dan riset penelitian secara komprehensif oleh Coalition For Better Ads dengan melibatkan lebih dari 66.000 pengguna atau konsumen.

Dari proses penelitian itulah kemudian di identifikasi beberapa pengalaman pengguna internet yang cukup terganggu oleh mode-mode iklan yang ada dan tak jarang berakibat pada melambatnya tampilan web pada saat dikunjungi. Dari hasil identifikasi tersebut maka ditetapkanlah regulasi baru seperti yang ada pada panel notifikasi yang sudah nampak pada akun Google Adsense beberapa hari ke belakang.

Dengan diterapkannya regulasi baru ini diharapkan bisa meningkatkan pengalaman pengguna dengan format tampilan dan tata letak iklan yang lebih baik.

Jenis iklan yang nantinya akan diblokir Google Chrome


Iklan yang dianggap paling mengganggu pada mode desktop

Berikut adalah format iklan yang tak boleh diterapkan pada halaman Web/Blog mode desktop:
  1. Iklan yang otomatis memutar video dengan suara (Auto playing videos with sound)
  2. Iklan prestial dengan hitungan mundur (Prestial ads Countdown)
  3. Iklan melayang (Pop-up ads)
  4. Iklan melekat ukuran besar (Large sticky ads)

Untuk lebih jelasnya bisa perhatikan gambar berikut:


Iklan yang dianggap mengganggu pada mode Mobile/Seluler

Berikut ini adalah format iklan yang tak boleh diterapkan pada halaman Web/Blog mode Mobile:
  1. Iklan melayang (Pop-up ads)
  2. Iklan melekat dengan ukuran besar (Large sticky ads)
  3. Iklan dengan animasi berkedip (Flashing animated)
  4. Iklan yang otomatis memutarkan video dengan suara (Auto playing videos with sound)
  5. Iklan dengan kepadatan halamannya melebihi 30% (Ad density higher than 30%)
  6. Iklan Scroll yang memenuhi seluruh konten pada layar (Full screen scollever ads)

Untuk memudahkan penjelasannya bisa dilihat pada gambar berikut ini:


Dari hasil pengamatan gambar diatas, kita dapat mengetahui letak iklan yang bagaimana yang nantinya akan menjadi sebuah media promosi yang lebih baik. Dengan begitu publisher maupun advertiser bisa lebih meningkatkan lagi promosinya dan pengalaman iklan online dengan penerapan standarisasi yang sudah ditentukan tadi untuk menjadi lebih baik.

Jika dirasa ada sesuatu hal yang tak cukup menjelaskan, silahkan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai standart konten media promosi yang lebih baik di Coalition For Better Ads. Disitu kita akan mengetahui seberapa besar manfaatnya.

Lebih baru Lebih lama

Please click the cross to exit!

Contact Me