Pengertian dan Fungsi jenis ekstensi Domain - Jepri Suwarno
Pembaruan Berita
Pemuatan...

Pengertian dan Fungsi jenis ekstensi Domain

Untuk anda yang belum memahami apa itu Domain dan apa bedanya dengan Hosting, silahkan untuk membaca artikel saya sebelumnya tentang Perbedaan antara Hosting dan Domain. Disitu sudah saya jelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana agar mudah untuk dipahami.


Pengertian dan Fungsi Ekstensi Domain
Penggunaan Domain Ekstension seakan menjadi gengsi tersendiri untuk identitas suatu situs website atau blog yang dimiliki. Dengan menggunakan ekstensi domain yang berbayar (TLD) secara tidak langsung akan sedikit mengangkat tingkat kredibilitas website itu sendiri. Terlebih bagi pemilikinya, mempunyai website dengan ekstensi domain TLD secara tak langsung akan menambah tingkat kepercayaanya dalam membuat sebuah konten yang berkualitas. Maka tak ayal banyak orang bahkan beberapa dari pengunjung situs akan beranggapan kalau website yang sedang mereka kunjungi ini adalah website yang profesional dan dapat dipastikan keafsahan kontennya. Walaupun memang masih banyak dan sering kita jumpai segelintir pemilik website dengan Top Level Domain masih plagiat isi kontennya, atau bisa juga menggunakan auto generate content untuk menghasilkan sebuah traffic yang instan.

https://portal.qwords.com/aff.php?aff=3997

Sebelum memutuskan untuk memilih ekstensi domain, ada baiknya kita mengetahui pengertian serta fungsi dari masing-masing ekstensi domain yang ada. Hal ini bertujuan agar ekstensi domain yang nantinya akan kita gunakan bisa sesuai dengan konten situs blog/website yang dimiliki.

Berikut penjelasan mengenai ekstensi domain yang umum digunakan di indonesia.

.EDU
Ekstensi domain [dot]edu atau education ini adalah ekstensi domain yang ditujukan untuk situs website dengan latar lembaga pendidikan. Selain edu, ada juga ekstensi domain [dot]sch.id yang merupakan kepanjangan dari school ini banyak digunakan untuk pendidikan sekolah tingat SD, SMP, dan SMA/sederajat.

.ORG
Adalah singkatan dari Organization (organisasi), ekstensi [dot]org biasanya digunakan untuk suatu organisasi lembaga resmi, komunitas atau perkumpulan. Ekstensi domain ini didirikan pada tahun 1985 dan mulai dioperasikan oleh Public Interest Registry pada tahun 2003 silam. [dot]org awalnya hanya diperuntukan untuk entitas nirlaba, akan tetapi batasan ini sudah tak berlaku sekarang.

.COM
Ekstensi domain yang paling populer karena banyak orang memakainya. Domain [dot]com yang merupakan kependekan dari Commercial awal mulanya ditujukan hanya untuk situs website komersil. Seiring berkembangnya waktu, pengguna domain ini tak hanya dimiliki oleh pelaku bisnis saja, melainkan banyak pemilik situs personal yang menggunakan ekstensi ini

.ID
Ekstensi [dot]id yang secara khusus diperuntukan untuk warga negara indonesia. Penggunanya antara lain bisa dari organisasi berbadan hukum, badan usaha, bisnis, dan lain sebagainya.

.NET
Ekstensi domain [dot]net atau network dikhususkan bagi pengguna yang erat kaitannya dengan teknologi, jaringan, komputer, perusahaan elektronik, internet dan lainnya.

.INFO
Domain [dot]info atau information ini biasanya banyak digunakan untuk keperluan situs website yang kontennya informatif.

Itulah beberapa pengertian dan fungsi dari ekstensi domain generik TLD yang bisa anda gunakan saat ini. Bagi anda pemilik website atau blog yang masih mencari-cari layanan domain indonesia dengan harga yang cukup terjangkau, Qwords bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk anda. Beberapa pilihan ekstensi domain dengan harga sewa terjangkau dan pelayanan teknis 24 jam tersedia disana.

Bagikan artikel ini!

Bagikan Pengetahuan dan Informasi ini!
Pemberitahuan
Terimakasih sudah bersedia berkunjung, Tetap jaga kesehatan ditengah pandemic wabah corona!.
Done