3 Peluang Bisnis kecil-kecilan untuk mahasiswa - Jepri Suwarno
Pembaruan Berita
Pemuatan...

3 Peluang Bisnis kecil-kecilan untuk mahasiswa

Bagi anda mahasiswa yang ingin menjalankan usaha kecil-kecilan untuk bisa menunjang kebutuhan biaya pendidikan sendiri, 3 usaha ini cocok untuk anda coba aplikasikan.


Biarpun terbilang bisnis kecil-kecilan tapi kalau ini dijalankan dengan serius bukan tak mungkin juga bisnis ini akan menjadi besar dikemudian hari. Syaratnya ya anda harus disiplin dibarengi dengan usaha yang maksimal dan mampu melihat peluang, dan yang paling penting dengan banyaknya persaingan anda tidak mudah menyerah. Berikut 3 peluang bisnis kecil yang layak anda coba sebagai mahasiswa yang ingin meringankan beban orang-orang terkasih:

1. Membuka Jasa Pengetikan, Cetak, dan Jilid
Bisnis ini masih terbilang sangat menggiurkan untuk kalangan mahasiswa. Kenapa? Kebanyakan mahasiswa jika sudah menerima tugas untuk membuat proposal, makalah, dan lain sebagainya mereka hanya sampai pada titik penyusunan dalam pengetikan saja. Untuk mencetak hasil kerjaannya mereka biasanya melakukan print dan jilid di Toko-toko yang biasanya sudah berderet di depan atau samping kampus. Nah, jika anda mampu melihat peluang ini, maka sebelum mereka menyerahkan Flashdisk mereka ke toko-toko tersebut alangkah baiknya sudah anda handle terlebih dahulu.

Kebanyakan mahasiswa juga hanya memiliki laptopnya saja, mesin printer hampir setengahnya dalam satu kelas itu biasanya tidak memilikinya.


Lumayan kan jika dalam satu kelas ada 30 orang mahasiswa berapa rupiah hasil yang akan kita dapat. Semisal saya asumsikan dari 30 orang mahasiswa haya setengahnya saja yang memiliki Laptop dan mesin cetak, 15 orang sisanya kita handle pengerjaannya mulai dari pengetikan sampai dengan dalam bentuk cetakan kertas yang sudah dijilid. 1 Halaman kita hargai Rp. 2.000 x 25 Lembar Halaman sudah Rp. 50.000 dari 1 orang mahasiswa saja. Apalagi ini 15 Orang mahasiswa kita handle semua, tinggal dikalikan saja Rp. 50.000 x 15 Orang, sudah Rp. 750.000

Ingat! "this is a business" sekalipun mereka teman seperjuangan kita dalam kelas, bisnis adalah bisnis. Jangan mau kalau harus dikasih ucapan terimakasih (Gratis) terkecuali kembali lagi pada diri anda masing-masing jika berniat hanya untuk menolong.

2. Bisnis Pulsa Elektrik


Abad 21 ini mana ada mahasiswa yang tak membutuhkan pulsa, apalagi untuk paket internet smartphonenya. Hampir semuanya membutuhkan ini, mulai dari pulsa elektrik, voucher, paket data seluler, voucher game, gift card dan lain hal sebagainya.

Lagi-lagi kita harus jeli dalam melihat peluang. Ambil kesempatan ini dan lakukan handle untuk teman-teman sekelas anda, syukur-syukur bahasa marketing anda bisa sampai ke kelas sebelah, lumayan juga buat nambah-nambah pelanggan.

3. Bisnis Dengan Your Ability and Skill
Ya, bisnis yang "hampir" tanpa modal. Dengan mengandalkan kemampuan dan keterampilan anda yang anda miliki ini bisa mendatangkan uang. Saya asumsikan misalnya anda sebelumnya lulusan Sekolah Kejuruan, kejuruan yang anda pelajari selama 3 tahun itulah yang kemudian anda kembangkan lagi dan anda gunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.


Sebagai contoh: lulusan kejuruan Teknik Komputer Jaringan dengan materi ajarnya Software, Hardware, Jaringan. Dari ketiga materi ajar ini masa iya satu diantara tiga tak ada yang mampu anda kuasai. Jika anda menguasai Software, kembangkan diri anda untuk melakukan installasi PC dan Laptop atau bisa juga merambah untuk melakukan flashing pada Smartphone Android yang kebanyakan orang gunakan sekarang.

Yang perlu dilatih adalah jangan pernah takut salah ketika menerima order. Paket data kita punya, cukup hanya dengan googling kita akan menemukan berbagai macam solusinya.

Itu untuk anda yang lulusan sekolah kejuruan, lalu bagaimana untuk yang lulusan sekolah umum? Tak perlu khawatir, putar kembali otak anda dan segera lakukan apa yang menurut anda itu adalah peluang bisnis. Saya ambil contoh misalnya sekarang banyak sekali startup penualan online yang membantu UMKM diseluruh wilayah indonesia. Jangan kehilangan akal, manfaatkan saja itu.

Jual produk melalui Bukalapak, Tokopedia, Shope, Lazada, dll. Jika tak mempunyai Produk, apa yang harus saya lakukan dengan startup itu? Oke, yang harus anda lakukan adalah menjadi pathner atau mitra mereka. Bagaimana caranya? Daftar saja sebagai Afiliattenya. Selain ber-afiliasi dengan mereka bisa juga bagi anda yang memiliki sedikit uang untuk mulai mencoba main saham seperti trading forex dan sebagainya. Tak ada yang tak bisa selagi kita punya semangat untuk mempelajarinya.

Dari ketiga bisnis yang saya sebutkan diatas, bisaa jadi ada yang cocok untuk bisa kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari anda. Kalaupun tidak, minimal anda tahu kemampuan dan keteraqmpilan apa yang bisa kalian manfaatkan. Jika tak mampu juga, jangan harap anda bisa menjalankan bisnis ketika saat menjadi mahasiswa. Yang terpenting kita selalu belajar dan belajar untuk menemukan sesuatu hal yang baru. Ambil kesempatan yang ada, dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan.

Bagikan artikel ini!

Bagikan Pengetahuan dan Informasi!
Pemberitahuan
Terimakasih sudah bersedia berkunjung, Tetap jaga kesehatan ditengah pandemic wabah corona!.
Done